Thankful but Confused

A wave of a wand, readings from the stars,images out of a crystal ball,turnings of fate. A journey. Girl to woman (most days, it's just a matter of surviving). One scoop a day recommended dose. Everyday is a different flavor. Explore...

Tuesday, October 24, 2006

In The Spirit Of

“…For all the things I have done that I shouldn’t have, and for all the things I didn’t do that I should have…”

Mohon maaf lahir batin. Minal aidin wal faizin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1427H

Untuk pertama kalinya, semenjak gw kelas 5 SD, gw lebaran di Jakarta. Biasanya kalo ngga panas-panasan di Surabaya, gw udah sibuk keliling rumah sodara-sodara yang lebih tua di Bandung, trus sore-sore gantian Oma yang open house buat siapa aja yang mau mampir.

Tapi semenjak beloved Akung meninggal bulan Juli kemarin, tahun ini semangat untuk ke Surabaya udah ngga sebesar tahun-tahun sebelumnya. Mana ortu musti sowan ke rumah bos yang ngancem bakal ngabsen staff-nya satu-satu kalo ngga pada dateng ke acara silaturahmi-nya (serem amat…), jadi selesai sholat Ied tadi mum and dad udah sibuk keliling buat setor muka. Mungkin baru sore ini kita berangkat ke Bandung. And I’m missing sis so much, karena ini lebaran pertama kita jauh-jauhan.

Tadi pagi, in the spirit of lebaran, gw bangun pagi rada santai, karena kebiasaan sholat Ied di Bandung jam 7. Jadi waktu nyokap ngajakin ke masjid deket rusun jam 6 lewat, gw kaget juga. Mana belum mandi pula.

Sampe di masjid, ternyata yang dateng udah banyak sampe kita ngga dapet tempat. Ada satu shaf di bagian depan yang kosong, setelah didatengin dengan semangat, ada tulisan ”khusus untuk panitia”. Gw akhirnya harus nyempil-nyempil di shaf lain yang udah penuh banget. Lima menit sebelum sholat mulai, ternyata shaf ”khusus panitia” tadi ditempatin sama serombongan ibu-ibu yang pagi itu datang dengan sasakan rambut tinggi dan baju lebaran kinclong. Duile, kenapa sih ngga bisa pada dateng rada pagi just like the rest of us, rakyat jelata. Musti disediain shaf paling depan, trus datengnya sombong lagi, mepet-mepet waktu sholat. Bikin orang lain yang dateng duluan tapi keburu gak dapet tempat terpaksa sholat diluar, pake alas koran.

Belum juga sholat semenit, gw denger anak perempuan nangis. Pertama dia nangisnya pelan, manggil-manggil ibunya. Minta gendong. Lama-lama nangis makin kenceng, pake teriak sekuat tenaga, sampe gw gak konsen dengerin imamnya. Selama dua raka’at sholat gw cuma bisa pasrah dengerin tu anak nangis, dari terisak-isak, teriak-teriak, ampe batuk-batuk karena kecapekan nangis dan ngga lama kemudian teriak-teriak lagi ampe ngalah-ngalahin suara imam.

Gw rada merasa bersalah setelah salam kanan kiri, masa gara-gara anak kecil nangis aja gw ampe gak khusyu’ sholat. Rasa bersalah gw ngga bertahan lama, karena beberapa detik kemudian gw denger hampir semua ibu-ibu disitu (kecuali barisan ibu-ibu dengan sasakan tinggi, yang begitu sholat selesai langsung sibuk lepas mukena dan nyisir rambut mereka sedemikian rupa biar sasakan mereka ngga kempes) bisik-bisik cari sumber anak yang nangis tadi sambil ngeluarin komentar-komentar:

“Bego banget sih ibunya”
“Batalin aja kenapa sih sholatnya, namanya juga cuma sholat sunnah. Daripada ganggu yang lain”
“Ibunya ngga punya otak banget sih”
”Duh, gw jadi kagak konsen dah sholatnya”
”Buset, tadi disini dingin tiba-tiba jadi gerah...”
”Dulu anaknya si Ibu A juga pernah nangis, tapi Ibunya langsung batal sholat trus diajak keluar. Nah, harusnya yang inih juga gitu..”
”Mak...itu siapa sih yang bawa anak?”
”Anaknya Jejeng..” (ada suara yang jawab dari belakang gw)
”Jejeng? Jejeng sape? Suruh pulang aja deh Mak...”

Setelah imam selesai kasih khotbah yang menggebu-gebu, pake urat, dan (tampaknya) udah dia apalin semaleman, kita semua udah pada beresin mukena siap-siap mau pulang, tetep aja ada yang komentar, ”Mana sih ibunya anak tadi? Mau gua samperin beneran dah, biar gua kasih tau..”

Selamat lebaran ya semua...

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

allloww...

maaf lahir bathin ya... eh req fs gw kok blum di approve sii...

kat

9:16 PM, October 31, 2006  
Blogger kudanil.cantik said...

hi Kat...
internyet gw lg error ni di rumah. Kalo di kantor gak bisa buka FS (sigh) sabar ya...

7:33 AM, November 03, 2006  
Anonymous Anonymous said...

Coba berada di posisi dia. Mungkin ayah anak2 ini sedang pulang kampung? Bisa jadi anak ini sudah yatim. Tidak mungkin meninggalkan anaknya dirumah sendirian sedangkan Sholat Ied sangatlah penting. Jadi, maklum saja, mungkin saja anak itu nangis karena terlalu lama menunggu jadwal sholat yang baru mulai setelah ibu-ibu bersasak itu datang?

4:26 PM, November 03, 2006  

Post a Comment

<< Home